Berita TerbaruApa itu Corona Virus dan Apa yang Harus Dilakukan jika mengalami gejalanya?| Ide Gue

Apa itu Covid-19 - penyakit yang dimulai di Wuhan?

Penyakit ini disebabkan oleh anggota keluarga coronavirus yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Seperti coronavirus lainnya, virus ini berasal dari hewan. Banyak dari mereka yang pada awalnya terinfeksi bekerja atau sering berbelanja di pasar grosir makanan laut Huanan di pusat kota Wuhan, Cina.


Apa saja gejala yang ditimbulkan oleh coronavirus ini?

Virus ini dapat menyebabkan pneumonia. Mereka yang jatuh sakit dilaporkan menderita batuk, demam, dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang parah bisa terjadi kegagalan organ. Karena ini adalah penyakit ini disebabkan virus, antibiotik tidak ada gunanya. Obat antivirus yang biasa kita gunakan untuk melawan flu tidak akan bekerja. Pemulihan tergantung pada kekuatan sistem kekebalan tubuh. Banyak dari mereka yang telah meninggal sudah dalam kondisi kesehatan yang buruk.

Haruskah saya pergi ke dokter jika batuk?

Di Inggris, saran medisnya adalah jika Anda baru saja bepergian dari daerah yang terkena virus corona, Anda harus:

tetap berada di dalam rumah dan hindari kontak dengan orang lain seperti Anda terkena flu
hubungi rumah sakit untuk memberi tahu mereka tentang perjalanan terakhir Anda ke daerah tersebut

Apakah virus ditularkan dari satu orang ke orang lain?

Komisi kesehatan nasional China telah mengkonfirmasi penularan dari manusia ke manusia, dan telah terjadi transmisi semacam itu di tempat lain.

Berapa banyak orang yang terpengaruh?

Pada 1 Maret, wabah telah mempengaruhi sekitar 87.000 orang di seluruh dunia. Di Cina daratan, ada 2.870 kematian di antara lebih dari 79.000 kasus, sebagian besar di pusat Provinsi Hubei. Lebih dari 41.000 orang yang terkena dampak di China telah pulih.

Virus corona telah menyebar ke setidaknya 30 negara lain. Yang paling parah terkena dampak termasuk Jepang, dengan 850 kasus, termasuk 691 penumpang kapal pesiar yang merapat di Yokohama, dan empat kematian. Italia telah mencatat setidaknya 1.100 kasus dan 29 kematian, sementara Korea Selatan telah mencatat lebih dari 3.500 kasus dan delapan kematian. Ada juga kematian di Hong Kong, Taiwan, Prancis, AS dan Filipina.

Ada 15 kasus yang tercatat dan tidak ada kematian hingga saat ini di Inggris.

Mengapa ini lebih buruk dari influenza normal, dan seberapa khawatir para ahli melihat kejadian ini?

Kami belum tahu betapa berbahayanya virus corona baru itu, dan kami tidak akan tahu sampai lebih banyak data masuk. Tingkat kematian sekitar 2% di pusat penyebaran wabah, provinsi Hubei, dan kurang dari itu di tempat lain. Sebagai perbandingan, flu musiman biasanya memiliki tingkat kematian di bawah 1% dan diperkirakan menyebabkan sekitar 400.000 kematian setiap tahun secara global. Sars memiliki tingkat kematian lebih dari 10%.

Kunci lain yang tidak diketahui adalah seberapa menular virus corona itu. Perbedaan penting adalah bahwa tidak seperti flu, tidak ada vaksin untuk virus corona baru, yang berarti lebih sulit bagi anggota populasi yang rentan - orang lanjut usia atau mereka yang memiliki masalah pernapasan atau kekebalan - untuk melindungi diri mereka sendiri. Mencuci tangan dan menghindari orang lain jika Anda merasa tidak sehat itu penting. Salah satu langkah yang masuk akal adalah mendapatkan vaksin flu, yang akan mengurangi beban pada layanan kesehatan jika wabah berubah menjadi epidemi yang lebih luas.

Apakah ada coronavirus lain?

Sindrom pernapasan akut parah (SAR) dan sindrom pernapasan Timur Tengah (Mers) keduanya disebabkan oleh virus corona yang berasal dari hewan. Pada tahun 2002, Sars menyebar hampir tidak terkendali ke 37 negara, menyebabkan kepanikan global, menginfeksi lebih dari 8.000 orang dan membunuh lebih dari 750 orang. Mers tampaknya lebih mudah ditularkan dari manusia ke manusia, tetapi memiliki tingkat kematian yang lebih besar, membunuh 35% dari sekitar 2.500 orang. yang telah terinfeksi.

Apakah wabah itu pandemi dan haruskah kita panik?

Tidak. Pandemi, dalam istilah WHO, adalah "penyebaran penyakit di seluruh dunia". Penyebaran virus di luar Cina mengkhawatirkan tetapi bukan perkembangan yang tidak terduga. WHO telah menyatakan wabah itu sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Masalah utama adalah bagaimana menularnya virus korona baru ini di antara orang-orang, dan berapa proporsi yang menjadi sakit parah dan berakhir di rumah sakit. Seringkali virus yang menyebar dengan mudah cenderung memiliki dampak yang lebih ringan. Secara umum, coronavirus tampaknya paling parah menyerang orang tua, dengan beberapa kasus pada anak-anak.
LihatTutupKomentar