Berita Terbaru5 Tanda Teman Anda Seorang Narsisis| Ide Gue

Narcissus (Wikimedia Common)
Kita semua mungkin pernah mengalami sendiri, berhadapan dengan seseorang yang begitu egosentris, seolah alam semestar berputar mengelilingi dirinya. Arogan, sombong, tidak berperasaan. Mereka membutuhkan pujian terus menerus, pada saat bersamaan berusaha untuk menekan prestasi orang lain.

Terobsesi dengan foto selfie tidak selalu menunjukkan teman anda seorang narsisis, tapi itu bisa jadi salah satu indikator untuk melihat perilakunya lebih jauh lagi. Bergaul dengan mereka bisa sangat berbahaya bagi diri anda.

Mereka bisa membuat anda merasa rendah, tidak percaya diri, membuat anda merasa seolah tidak ada hal yang bisa anda lakukan dengan benar. Karena itu, jauhi mereka. Untuk mengetahui apakah anda berteman dengan seorang narsisis, lihat beberapa gejala yang mereka tunjukka seperti di bawah ini.

1. Dia tidak pernah  mengapresiasi apapun yang anda lakukan untuk menyenangkan dirinya

Saat anda berusaha berhubungan dengan seorang narsisis, anda tidak akan mendapatkan penghargaan atas apa yang anda lakukan untuknya. Misalnya saat anda membuat janji makan malam, namun hingga satu jam lewat dari waktunya anda masih menunggu. Ketika dia datang, seolah tidak ada masalah apapun. Berapapun uang yang anda keluarkan untuk seorang narsisis, selama apapun anda  menyediakan waktu untuknya, narsisis tidak akan berterimakasih, anda hanya memberikan sesuatu yang dia percaya itu pantas untuknya.

2. Dia hanya ingat dengan kesalahan anda

Jika teman anda seorang narsisis, anda mungkin merasa kalau anda adalah seorang perfeksionis. Bersamaan dengan itu, anda tidak akan mendengar sesuatu yang baik tentang diri anda dari mulutnya. Semua komentarnya tentang anda hanya berisi kesalahan-kesalahan anda. Dia tidak akan berbicara tentang hal-hal yang telah anda lakukan dengan baik. Saat anda melakukan sesuatu dengan baik, dia akan memutar daftar kesalahan anda yang ada di kepalanya. Hal ini dia lakukan agar anda tetap merasa rendah diri dan meninggikan dia.

3. Dia membuat anda kehilangan kepercayaan diri

Jika anda terlalu lama bergaul dengan orang narsis, anda bisa kehilangan kepercayaan diri, bahkan jati diri anda. Setiap kali anda dihadapkan pada suatu masalah, anda akan berpikir apa yang akan dilakukan narsisis teman anda untuk menghadapinya.  Anda mengalami ketergantungan dengan pendapatnya. Anda berhenti belajar sesuatu yang baru karena menurut mereka hal itu tidak berguna. Anda membatalkan rencana liburan anda karena menurut teman narsisis anda, tempat tujuan liburan anda itu buruk, dsb.

4. Dia membuat anda merasa bersalah saat anda merasa bahagia

Saat anda mendapatkan suatu reward atau hadiah atas sebuah pencapaian yang anda lakukan, tiba-tiba anda merasa bersalah. Anda merasa seolah anda telah meninggalkan tugas dan kewajiba anda. Seolah anda tidak pantas untuk menikmati waktu dan memdapatkan hadiah atas prestasi anda, karena apapun yang anda lakukan, anda harus tetap mengutamakan kesenangannya.
Artikel terkait:

5. Dia tidak berbahagia dengan apa yang membuat anda bahagia

Dia tidak perduli dengan berbagai hal yang membuat anda bahagia, dia tidak pernah berpikir apa yang anda butuhkan dan inginkan. Kebanyakan narsisis kurang memiliki kemampuan untuk memberikan cinta dan perhatian yang berarti. Anda akan memiliki arti bagi dia jika dan hanya jika anda melayani kepentingannya, tanpa imbal balik.

Setiap orang bisa saja menjadi seorang narsisis, teman anda, saudara, bahkan orang tua. Setelah mengetahui beberapa gejala diatas, semoga anda bisa lebih mengendalikan situasi anda, menghindari pengaruh buruk dari narsisis.
    LihatTutupKomentar